Merger Jurusan: Tak Adakah Solusi untuk Himatan...?

Baru saja saya terima kabar kurang baik dari hasil rapat yang diadakan Ketua HIMATAN Faperta Unlam, Bahtiar Rifa'i, dengan jajaran petinggi fakultas yang pada akhirnya menyimpulkan bahwa HIMATAN mau tidak mau akan berakhir. Hal ini dikarenakan akan didirikannya himpunan mahasiswa baru yaitu Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi dimana himpunan ini langsung berada di bawah Program Studi baru yakni Agroekoteknologi, yang notabeni merupakan hasil merger dari 3 program studi sebelumnya antara lain PS. Ilmu Tanah, PS. HPT dan PS. Agronomi.

Didirikannya Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi ini dilandasi oleh penilaian akreditasi program studi yang ternyata termasuk didalamnya ialah kegiatan himpunan. Jika program studi baru ini tidak memiliki himpunan mahasiswa, maka otomatis penilaian akreditasi program studi tersebut akan kehilangan salah satu poinnya dan akan menyebabkan rendahnya akreditasi program studi yang bersangkutan.

Segenap ketua himpunan, baik agronomi, HPT ataupun ilmu tanah telah berusaha sebisa mungkin untuk mengatasi masalah ini dengan memeberikan solusi bahwa himpunan yang sekarang ada sebaiknya tetap ada dan menjadi pilihan oleh mahasiswa dari PS. agroekoteknologi sebagai wadah berorganisasi. Namun solusi ini sangat bertentangan dengan sistem yang (mungkin) diberikan oleh penggagas sistem ini pula.

Kesimpulannya?
HIMATAN akan segera berakhir dan generasi terakhirnya ialah angkatan 2008.

Apa pendapat anda?
Dimohon bagi Soilers untuk mengisi pendapatnya di kolom komentar di bawah ini, agar kita dapat berbagi pikiran dan diharapkan mendapatkan solusi yang terbaik.

Terima kasih.

Postingan Populer